Test Drive Suzuki Ertiga, Perpaduan Mewah MPV dan Sedan ( Review suaramerdeka.com )

DALAM rangka ikut memeriahkan pasar mobil Multi Purpose Vehicle(MPV), sekaligus menyempurnakan deretan mobil-mobil MPV yang telah ada saat ini, PT Suzuki Indomobil Sales meluncurkan produk MPV terbarunya Suzuki Ertiga.

Seperti yang telah diulas beberapa waktu yang lalu oleh otomotif suaramerdeka.com, Suzuki Ertiga memang kendaraan Low MPV yang menawarkan cita rasa berbeda daripada kompetitor lain sejenisnya. Setelah mencoba langsung (test drive-red), ternyata mobil ini memang benar-benar memberikan kenyamanan, keamanan dan sekaligus melengkapi keinginan sekaligus kebutuhan bagi para penumpangnya.

Test ride

Mendapat undangan untuk mencoba Suzuki Ertiga secara langsung membuat suaramerdeka.comsenang dapat berkesempatan menjajal sendiri mobil yang dikata “selega MPV namun senyaman sedan” ini.

Pertama masuk kedalamnya, kami langsung dibuat terpana dengan ukuran kabinnya yang lega, namun jika dilihat dari luar mobil ini tak terlihat besar. Kabin mobil ini terasa luas untuk penumpang dan kargo. Nuansa modern, stylish dan elegan langsung terasa, apalagi saat menatap dashboardnya. Warna beige dan coklat di seluruh kabinnya terpadu apik.

Saat mencoba berpindah-pindah duduk di ke tiga baris penumpang. Baik di bagian head room, tengah, ataupun leg room pun, ketiganya terasa sama leganya. Ternyata rahasianya ada pada tuas sekali tarik folding dan sliding pada kursi ke 2 dan 1 yang dapat memudahkan memajukan dan memundurkan kursi penumpang. Untuk keamanan, di tiga baris kursi penumpang terdapat safety belt yang memiliki 3 point ELR, dapat mengunci secara otomatis jika terjadi hentakan.

Saat mobil berjalan, ruang kabin benar-benar terasa senyap. Ternyata mobil ini telah dilengkapi dengan peredam suara.

Menjajal langsung kemudi mobil ini, yang terasa benar-benar responsif, halus namun juga tak goyah. Saat berjumpa dengan jalanan penuh lubang pun, laju mobil seolah tak terganggu, kenyamanan penumpang tak terganggu sama sekali, posisi kemudi benar-benar tetap stabil, getarannya teredam sempurna. Trek berliku, dapat dilibas sempurna karena akselerasi kemudi yang responsif dan mantap.

MPV yang senyaman sedan benar-benar terasa saat mencoba langsung kemudinya. Menggunakan chassis monoque, Suzuki Ertiga menggunakan fitur front wheel drive atau penggerak roda depan, membuat akselerasinya lebih responsif sehingga konsumsi bahan bakarnya lebih irit.

Ertiga juga sangat memperhatikan keamanan penumpangnya. Dilengkapi dengan Immobilizer alarm, yang jika menggunakan kunci bukan aslinya, alarm akan langsung berbunyi nyaring.

Dipintu samping bila diketuk juga terasa tebal, terasa ada plat kokoh. Ternyata terdapat side impact beam, yang melindungi dari benturan. Pintu terasa kokoh melindungi benturan dari samping.

Selain itu di bagian depan juga terdapat air bag yang otomatis mengembang jika terjadi benturan fatal. Tidak hanya itu, batang stir juga akan patah otomatis jika terjadi benturan, sehingga stir tidak akan beresiko membentur dada pengemudinya dan akan langsung mengerem otomatis.

Mengenai AC nya yang tidak double blower, ternyata tidak terasa pada kesejukan udara di kabin. Tetap terasa sejuk dan dingin hingga penumpang di baris ke tiga.

Secara keseluruhan MPV ini benar-benar menawarkan sejumlah keunggulan dibanding para pesaingnya.

MPV 7-penumpang ini ditawarkan dalam tiga varian yaitu Ertiga GA Rp 143 juta, Ertiga GL Rp 153 juta dan Ertiga GX Rp 165 juta. Didesain sebagai pesaing Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Nissan Grand Livina, dengan keunggulan-keunggulan di atas dan harga kompetitif Suzuki Ertiga diramalkan akan mendulang sukses.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s