Genjot Kapasitas Produksi, Suzuki Bangun Pabrik Baru

Ertiga

Ertiga

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkuat basis produksinya. Agen pemegang merek (APM) Suzuki itu tidak hanya meningkatkan kapasitas pabrik sekarang, tapi juga membuat pabrik baru.
4W Marketing and Dealer Network Development Director PT SIS Endro Nugroho mengatakan tahun depan mereka bakal membangun pabrik di kawasan Kerawang, Jabar dengan lahan 135 hektar. Luasnya ini empat kali lipat dari pabrik sebelumnya yang terletak di Banten. “Investasinya mencapai Rp 8 triliun,” kata Endro di acara Media Test Drive Regional Jatim Suzuki Ertiga di Taman Dayu, Pasuruan, Rabu (18/7).Peningkatan produksi itu diperlukan mengingat permintaan Suzuki di tanah air meningkat tajam. Khususnya, usai peluncuran mobil jenis MPV Ertiga.

Endro menyebut total inden Ertiga sudah menyentuh angka 20 ribu unit. Dari total inden tersebut, baru sekitar tujuh sampai delapan ribu. “Untuk mendapatkan barang harus menunggu sampai tujuh bulan untuk tipe tertentu,” ujarnya

Kapasitas produksi pabrik Suzuki adalah 12 ribu unit perbulan. Sedangkan, produksi produksi Ertiga sekitar 4.800 hingga 5 ribu unit. Komponen di Suzuki Ertiga mayoritas berasal dari dalam negeri, yakni 60 persen. Dengan dibangunnya pabrik baru nanti, diharapkan, komponen yang berasal dari lokal sebanyak 80 persen.

Endro menyebut Ertiga adalah salah satu produk fenomenal. Sebab, sebelum  peluncuran, masyarakat rela inden. Produk anyar itu pun telah mendongkrak penjualan sampai pertumbuhan dobel. “Penjualan bulan lalu tembus 12 ribu. Itu adalah sales tertinggi Suzuki selama di tanah air,” katanya.

Tahun ini SIS akan menambah dealer penjualan, khususnya yang berjenis dealer 3S (sales,sparepart, service). Saat ini, total dealer Suzuki, 234 unit. Dari jumlah itu, diler 3S  tercatat 190 unit. “Hingga akhir tahun, total dealer ditargetkan meningkat menjadi 272 unit,” ucapnya.

 

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s