“Keberhasilan Suzuki Indonesia Menuju Pasar Otomotif Dunia”

Lahirnya kebijakan pemerintah, Low Cost Green Car (LCGC) atau Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Energi & Harga Terjangkau (KBH2) tahun 2013 lalu, membawa stimulus positif bagi industri otomotif nasional sehingga kini produk kendaraan kian variatif dan kompetitif di tanah air.

Selain berhasil penetrasi pasar domestik, Suzuki Indonesia berhasil menembus pasar ekspor bagi produk LCGC/ KBH2 nya, KARIMUN WAGON R dalam keadaan terurai (Full CKD/ Completely Knocked-Down) di tahun 2014 ini dengan negara tujuan Pakistan, sebanyak 1.200 unit dengan total target 20.000 unit per tahun. Maka pada hari ini, PT. Suzuki Indomobil Motor (SIM) secara resmi melepas ekspor perdana Suzuki LCGC, KARIMUN WAGON R ke Pakistan dalam acara “Suzuki LCGC Export to Pakistan”di Pabrik Suzuki Roda Empat, Tambun 2 Plant – Bekasi, Jawa Barat.

Sekilas mengenai produk KARIMUN WAGON R
KARIMUN WAGON R, merupakan produk Kendaraan Bermotor Roda Empat Hemat Energi & Harga Terjangkau (KBH2), atau Low Cost Green Car (LCGC) Suzuki yang diluncurkan pada tanggal 10 November 2013 lalu di Indonesia oleh PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS). KARIMUN WAGON R merupakan jawaban bagi masyarakat modern Indonesia yang memiliki unsur SUPER (Spacious, Useful, Practical, Efficient, Reasonable) dengan tagline “Lebih dari cukup”.

Sejak diluncurkannya pada bulan November 2013 lalu hingga Mei 2014, KARIMUN WAGON R telah terjual sebanyak 13.702 unit (wholesales) di Indonesia. KARIMUN WAGON R telah meraih penghargaan bergengsi sebagai “i>”Best L”GC” oleh Tabloid Otomotif 2014. Hal ini membuktikan bahwa KARIMUN WAGON R merupakan produk mobil LCGC yang memiliki kualitas yang sangat baik.
Dengan kualitas yang dimiliki oleh KARIMUN WAGON R dan telah diakui keunggulannya di pasar domestik, maka kami yakin produk ini akan diterima baik di pasar ekspor. Oleh karena itu, dengan dibukanya pasar ekspor negara tujuan Pakistan, KARIMUN WAGON R dapat menjadi produk andalan Suzuki Indonesia yang berkualitas internasional.

Ekspor Produk Suzuki ke Mancanegara

Suzuki Indonesia telah mengekspor produk roda empat dan roda dua nya ke manca negara baik dalam bentuk CKD maupun CBU. Untuk produk roda empat nya, PT. SIM telah mengekspor Grand Vitara, Swift, SX4, Ertiga, dan APV. Ekspor produk kendaraan roda empat/ mobil Suzuki, diawali dalam bentuk CKD ke Malaysia pada tahun 1993. Kemudian pada tahun 2005 melalui produk MPV nya, yakni APV, telah diekspor dalam bentuk CBU (Completely Built Up) ke 6 benua, seperti; Asia, Oceania, Middle East, Africa, Latin America, Carribean, atau sekitar 84 negara. Untuk produk Ertiga, telah diekspor pada tahun 2013 lalu ke negara Thailand dan Brunei pada tahun 2014 dalam bentuk CBU, serta produk unggulan LCGC Suzuki, KARIMUN WAGON R telah diekspor ke PAK SUZUKI Motor, Pakistan pada tahun ini.
Sementara untuk produk kendaraan roda dua, ekspor diawali pada tahun 1994 ke Negara Vietnam. Produk – produk motor, seperti Satria FU 150, Nex, Lets, dan Smash Titan telah diekspor ke beberapa negara – Negara tujuan; Thailand, Filipina, Vietnam, Kamboja, Jepang, Cina dan Colombia. Rencananya, di tahun 2014 akan diekspor produk Satria FU 150 ke Myanmar.

Di tahun 2013, kendaraan roda empat Suzuki telah terjual sebesar 26,533 unit dan kendaraan roda dua terjual total 114,335 unit dengan total pendapatan Rp. 3,16 Triliun, dan total pendapatan dari ekspor komponen adalah Rp. 161 Milyar. Rencana ke depan, PT. SIM akan mengekspor 50,000 unit kendaraan roda empat dan 190,000 unit kendaraan roda dua.

Pabrik Baru Suzuki Indonesia

Untuk terus memenuhi kebutuhan kendaraan Suzuki bagi pasar domestik yang terus meningkat dan ekspansi pasar ekspor, maka Suzuki Indonesia telah menambah 1 (satu) lagi pabrik baru nya di areal GIIC Cikarang, Bekasi – Jawa Barat dengan areal seluas 130,7 HA.

Dengan dibangunnya pabrik baru ini, jumlah total investasi yang telah digelontorkan oleh Suzuki diperkirakan mencapai USD 1 Miliar (93 miliar Yen Jepang, atau sekitar 11 triliun Rupiah). Pabrik ini terdiri dari pabrik mesin dan transmisi yang telah beroperasi di tahun ini, dan pabrik perakitan mobil yang diperkirakan akan beroperasi tahun 2015 mendatang.

Melalui investasi tersebut, Suzuki berharap dapat berkontribusi untuk menciptakan lapangan kerja, pengembangan sumber daya manusia, dan selanjutnya pertumbuhan industri otomotif di Indonesia.

Kedepannya, Suzuki Indonesia akan terus memberikan produk-produk terbaik yang memenuhi standar dunia baik secara kualitas maupun biaya yang kompetitif untuk pasar domestik Indonesia maupun internasional.

Dengan dilakukannya ekspor Karimun Wagon R ke Pakistan merupakan salah satu bentuk komitmen Suzuki Indonesia yang telah lebih dari 40 tahun sebagai salah satu brand otomotif besar di Indonesia dengan slogan “Suzuki Way of Life” yang merefleksikan komitmen Suzuki untuk terus berusaha menghasilkan 4 elemen yaitu Spirit, Straightforward, Sporty dan Value. Slogan tersebut menjadi dasar untuk memperkuat primary brand image Suzuki sebagai brand otomotif yang terpercaya di Indonesia, serta menjawab tantangan industri kendaraan roda empat kedepannya dengan memiliki jaringan penjualan di seluruh Indonesia.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s