Suzuki Capai 83.005 Unit Penjualan, Atau 13,6% Pasar Otomotif Nasional

all type mobil suzuki

Di tengah persaingan industri otomotif yang semakin ketat pada semester pertama tahun 2014, PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) berhasil menorehkan angka penjualan yang positif. Dari Januari hingga Juni 2014, Suzuki berhasil mencatatkan penjualan produk – produk unggulannya sebanyak 83.005 unit secara retail sales. Angka penjualan retail tersebut membawa Suzuki menguasai 13,6% market share nasional.

Tidak hanya itu, penguasaan market share pada semester pertama tahun 2014 sebesar 13,6% tersebut juga menjadi capaian tertinggi Suzuki dalam kurun 5 tahun terakhir. Pada periode Januari – Juni 2010 Suzuki hanya menguasai market share sebesar 8,4%. Bila dibandingkan penguasaan market share Suzuki pada semester pertama tahun 2014 ini, mengalami peningkatan sebesar 63% dibandingkan periode Januari – Juni 2010. Tren peningkatan market share juga terjadi pada whole sales dengan peningkatan market share sebesar 36% dibandingkan periode Januari – Juni 2010 sebesar 9,3%.

Penjualan Suzuki secara retail sepanjang semester pertama (Januari – Juni) 2014 juga meningkat sebesar 12% bila dibandingkan dengan semester pertama tahun 2013 dengan angka penjualan 74.416 unit. Peningkatan penjualan Suzuki juga membawa peningkatan pada rata – rata penjualan selama Januari – Juni 2014 dengan rata – rata penjualan sebanyak 13.834 unit dibandingkan tahun lalu dengan rata – rata hanya 12.403 unit. Pada penjualan secara whole sales, Suzuki juga mencatatkan peningkatan penjualan sebanyak 5.767 unit, menjadi 81.192 unit pada semester pertama tahun 2014.

Ertiga memberikan kontribusi tertinggi penjualan Suzuki pada semester pertama 2014 dengan kontribusi penjualan retail sebesar 31,9%. Kontribusi tersebut setara dengan catatan penjualan sebesar 26.516 unit. Dengan torehan tersebut, Ertiga semakin menjadi salah satu favorit kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV) di Indonesia.

Carry menjadi penyumbang penjualan terbesar kedua dengan total penjualan sebanyak 25.315 unit dan berkontribusi sebesar 30,5% pada total penjualan retail semester pertama 2014. Sedangkan dilihat dari penjualan secara whole sales, Carry menjadi kontributor terbesar dengan penjualan sebanyak 31,4% dari total penjualan Suzuki. Angka tersebut naik sebesar 16% bila dibandingkan penjualan pada semester pertama tahun lalu.

Menyusul di tempat ketiga, APV dengan kontribusi penjualan secara 16.726 unit, memberikan kontribusi penjualan 20,2% pada penjualan retail Suzuki. Kontribusi sebesar 20,2% juga diberikan APV pada total penjualan Suzuki secara whole sales. Capaian penjualan APV secara whole sales naik sebesear 4,7% dibandingkan pada semester pertama tahun 2013.

Karimun Wagon R berada di tempat selanjutnya dengan kontribusi penjualan 10,4% dengan catatan 8.599 unit terjual secara retail sales. Sedangkan secara whole sales, Karimun Wagon R memberikan kontribusi sebanyak 12,5% pada total penjualan atau setara dengan penjualan 10.146 unit. Swift berada di belakang Karimun Wagon R dengan total penjualan retail sales sebesar 2.115 unit. Sedangkan penjualan secara whole sales menembus angka 2.060 unit, meningkat 2,5% dibanding periode Januari – Juni 2013. Grand Vitara mencatatkan angka penjualan positif setelah berhasil membukukan total penjualan secara retail sales sebesar 640 unit, naik 34,5% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Prestasi dan Pencapaian Suzuki pada Semester I 2014

Selain tren positif penjualan selama semester pertama tahun 2014, Suzuki juga berhasil meraih beragam penghargaan untuk produk – produk unggulannya. Dimulai dari Ertiga dengan meraih penghargaan ”CAR OF THE YEAR 2014” dan “VALUE FOR MONEY CAR OF THE YEAR 2014” dari Frost & Sullivan Indonesia Excellence Awards 2014. Selain itu, Ertiga turut meraih penghargaan “Best Resale Value” pada ajang “INDONESIA CAR LIFESTYLE AWARD (ICLA) 2014”. Pada sudut pandang yang berbeda, Ertiga dengan tagline ‘Lebih Mengerti Keluarga’ mendapatkan konfirmasi mengenai positioning produknya melalui penghargaan “Pariwara Mitra Keluarga Award 2014” untuk kategori produk otomotif dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Selain Ertiga, Swift dianugerahi penghargaan sebagai “Best Small Hatchback” dari Otomotif Award 2014,. Melengkapi beragam penghargaan yang diraih oleh Ertiga dan Swift, Karimun Wagon R terpilih menjadi “Best LCGC” dari Otomotif Award 2014. Terakhir, Karimun Wagon R melengkapi penghargan yang diraih dengan penghargaan “Best Affordable” dalam “INDONESIA CAR LIFESTYLE AWARD (ICLA) 2014”.

“Kami sangat bersyukur akan pencapaian Suzuki pada semester pertama tahun 2014 ini. Di tengah kompetisi yang semakin ketat, Suzuki mampu membuktikan diri dengan terus meningkatkan penjualan produk kami sesuai permintaan pasar. Kami tentunya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pengguna setia Suzuki atas kepercayaannya kepada produk – produk unggulan Suzuki. Dengan hasil ini akan semakin memotivasi kami untuk terus meningkatkan kinerja dan pencapaian kami pada semester kedua,” ujar Davy J. Tuilan selaku 4W Sales, Marketing and DND Director PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s