Akan Segera Hadir New Karimun Wagon R Versi Airbag

karimun wagon r matic ags

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) tengah mempersiapkan generasi terbaru dari mobil LCGC Suzuki Karimun Wagon R pada bulan ini. Kabarnya model anyar dari mobil murah andalan SIS tersebut akan dilengkapi dengan fitur baru yaitu kantong udara. Kabar tersebut disampaikan sendiri oleh Makmur selaku Direktur Marketing SIS R4 yang mengatakan bahwa kemungkinan besar peluncurannya akan dilakukan pada pertengahan September 2015.

Makmur menambahkan hadirnya New Suzuki Karimun Wagon R dengan airbag tentu saja menjadi upaya tersendiri untuk bisa meningkatkan penjualan sekaligus memenuhi permintaan para konsumennya. Dirinya menjelaskan peminat mobil murah di Indonesia masih sangat tinggi namun juga harus sesuai standar nasional yaitu hadirnya fitur keamanan yang lebih lengkap meskipun secara harga dapat dipastikan akan mengalami kenaikan cukup signifikan dibandingkan model sebelumnya.

Hanya saja Makmur belum ingin menyebutkan berapa selisih banderol antara Suzuki Karimun Wagon R airbag dengan model lama. Dirinya hanya menegaskan bahwa semua sudah disesuaikan dengan kebijakan pemerintah Indonesia tentang kendaraan LCGC seperti yang tertuang dalam peraturan Menteri Perindustrian No. 33/M-IND/PER/7/2013 tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat dengan harga terjangkau dan hemat energi.

Dalam peraturan tersebut juga menjelaskan bahwa penyesuaian harga bagi tambahan fitur keselamatan penumpang yang diberikan maksimal hanya 10 persen. Sedikit informasi mengenai Suzuki Wagon R yang ada di pasar Indonesia saat ini sudah ada 10 varian dengan harga paling murah yaitu tipe GA dengan banderol Rp 95,4 juta. Sedangkan varian paling mahal adalah tipe AGS Dilago seharga Rp 125,5 juta on the road Jakarta.

Peminat Suzuki Wagon R di Indonesia sangatlah tinggi karena selain memiliki harga yang lebih murah juga dibekali desain cukup unik di mana kesan mobil kota lebih kental di semua sektor. Sebenarnya banyak konsumen tanah air menginginkan pesaing Nissan March tersebut juga memiliki varian transmisi otomatis. Namun menariknya Suzuki Indonesia justru menghadirkan teknologi AGS yang memungkinkan pengemudi bisa mengendalikan kendaraan dengan dua transmisi sekaligus di dalamnya yaitu manual dan matik dalam satu kendaraan.

Sementara itu menurut Donny Saputra selaku Head of 4 Wheel Product Development SIS mengatakan Suzuki Karimun Wagon R Airbag yang baru akan diluncurkan pada pertengahan September ini ternyata sudah mulai di pesan oleh konsumen di beberapa dealer. Dirinya menegaskan untuk fitur keselamatan tersebut hanya diberikan pada bagian kemudi saja sedangkan untuk penumpang masih belum tersedia.

Sedangkan untuk urusan harga menurut Donny tidak akan lebih dari Rp 5 juta serta tidak meliputi semua tipe yang tentu saja kemungkinan besar hanya pada versi tertinggi. Namun untuk berapa pastinya dirinya mengaku pihak internal Suzuki masih sedang melakukan pengkajian agar nantinya mobil andalannya ini masih tetap bisa dibanderol murah sekaligus dapat dinikmati oleh masyarakat tanah air. sayangnya pihak SIS tidak menjelaskan secara pasti apakah generasi terbaru dari Suzuki Karimun Wagon R tersebut hanya sebatas penambahan fitur saja atau juga meliputi grafis baru.

Yang pasti dengan diluncurkannya versi airbag pada mobil murah asal Jepang tersebut akan menambah aman bagi pengemudinya. Saat ini hampir semua mobil LCGC di Indonesia sudah dilengkapi dengan fitur keselamatan tersebut mulai Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Honda Brio Satya hingga Datsun GO+ yang baru saja mengusung Airbag beberapa waktu lalu saat.

Kita lihat saja perkembangan selanjutnya dari PT SIS dan semoga harga barunya nanti tidak terlampau jauh dibandingkan dengan model sebelumnya.

otonity.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s